Meriahnya ATMOSFAIR 2013

atmosfair2013Hari Minggu (15/9) kemarin, Departemen ARTIS dari Himagreto IPB sukses menggelar acara terbesar di tahun ini yang bertajuk ATMOSFAIR 2013. Acara yang dimulai pukul 08.00 ini bertempat di Koridor Tanah Faperta. Acara ini mengusung tema “Berfikir Global, Beraksi Lokal” dan dihadiri oleh siswa/i SMA/sederajat se-Bogor. Acara ini diselenggarakan atas kepedulian mahasiswa Geofisika dan Meteorologi dengan lingkungan dan kondisi lapisan ozon saat ini, serta untuk menyambut Hari Ozon yang jatuh pada hari Senin (16/9). Antusiasme para peserta yang hadir sudah terlihat dari awal acara ketika mereka melakukan registrasi. Para peserta ini tertarik dengan rangkaian acara yang dilaksanakan selama satu hari tersebut.

Acara dibuka oleh tiga orang MC yaitu Rony (GFM47), Alfi (GFM47), dan Hawa (GFM48) yang sanggup menciptakan atmosfer menyenangkan dalam acara ini. Setelah kata sambutan dari ketua panitia Ryco (GFM47), acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Himagreto tahun 2012/2013 Thaisir (GFM47) dan pengenalan Departemen Geofisika dan Meteorologi yang diwakili oleh Bapak Ir. Bregas Budiyanto, Ass. Dpl selaku Bagian Kemahasiswaan. Setelah ice breaking sejenak dari MC, Ikrom (GFM48) sebagai moderator membuka acara inti yaitu Talkshow yang berisi materi mengenai penipisan lapisan ozon. Talkshow dibawakan dengan interaktif oleh pembicara yang diundang langsung dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, yaitu Bapak Dr. Ir. Purnama Hidayat, M.Sc. Beliau menyampaikan bagaimana kondisi lapisan ozon sekarang akibat penggunaan berbagai zat yang dapat mengurangi ketebalan lapisan ozon. Peserta menyimak materi yang disampaikan dengan sangat antusias, terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya kepada pembicara di akhir sesi Talkshow.

Seusai Talkshow yang sangat bermanfaat, acara dilanjutkan kembali dengan games yang tak kalah serunya, yakni Meteorologi Pintar. Setelah penampilan dari Too I Late Band yang mengisi acara hiburan, para peserta meninggalkan Koridor Tanah untuk istirahat dan sholat Dzuhur bagi yang beragama Muslim. Kemudian para peserta dipandu oleh teman-teman panitia untuk berkeliling di stand Expo alat-alat meteorologi. Di Expo ini para peserta mendapat penjelasan singkat dari teman-teman panitia mengenai cara kerja alat yang dipamerkan. Puas berkeliling Expo, tibalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh semua peserta, yakni Campus Tour.

Peserta dibagi menjadi dua tim yang masing-masing dipandu oleh teman-teman panitia untuk berkeliling Kampus IPB Dramaga. Tim pertama berjalan melalui jalur Faperta, sementara tim kedua berjalan melalui jalur FPIK. Setelah kurang lebih satu jam berkeliling Kampus IPB, para peserta dan panitia berkumpul di Lapangan Gladiator untuk penutupan acara. Penutupan acara ATMOSFAIR 2013 diisi dengan foto bersama dan juga menulis sticky notes yang berisi kesan dan pesan untuk acara ini. Para peserta sangat antusias dengan kegiatan ATMOSFAIR 2013 ini dan banyak yang berharap kelak dapat menjadi salah satu mahasiswa di Institut Pertanian Bogor. (krz)

(Redaksi :Himagreto)