Dari Civitas GFM untuk hari Meteorologi Sedunia

Metday1Dalam rangka memperingati hari meteorologi sedunia yang jatuh setiap tanggal 23' Maret, Departemen Geofisika dan . Meteorologi bersama  Himpunan Mahasiswa Agrometeorologi (HIMAGRETO) mengadakan talkshow pada hari Minggu 23 Maret 2014 yang  bertemakan  “peran  mitigasi  dalam  meteorologi” dengan pembicara Dr.  Amanda  Katili  dari  Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) dan Dosen Geomet Dr. Perdinan  Acara  ini berlangsung di Gedung Common Class Room (CCR) DramagaIPB dengan dihadiri oleh Mahasiswa IPB
Rangkaian   kegiatan untuk memperingati hari meteorologi sedunia sudah   digelar   sejak   satu  minggu sebelumnya. Selama satu minggu mahasiswa GFM turun  ke  jalanan  di sekitar Kota Bogor untuk bertanya kepada masyarakat apa itu meteorologi dalam benak mereka. Kegiatan tersebut dirangkum dalam satu video pengantar yang diputar saat acara berlangsung dengan disisipkan beberapa kejadian bencana alam yang berkaitan dengan hidrometeorologi.
Berikut kutipan yang disampaikan oleh  Ibu  Amanda  saat  menyampaikan  materi  Peran  Generasi  Muda  dalam Mitigasi  Bencana,   "Ketika  ada bencana,  sering  kali  iklim   yang  disalahkan. Padahal faktor dari manusianya jg banyak berpengaruh. Perubahan iklim  akibat aktivitas manusia khususnya di  Indonesia, terjadi akibat alih fungsi lahan terus bertambah. Banyak tempat yang seharusnya menjadi  daerah resapan air tetapi diubah menjadi lahan yg ditanami beton. Alhasil banjir pun sering terjadi. Perubahan iklim menjadi masalah dunia, setiap negara aware, makanya untuk urusan iklim  yang tidak ada batasan negara ini dan negara itu, setiap negara bisa saling membantu dan kerja samna sehingga dibuatlah konvensi dan policy.  Setiap negara saja aware dengan perubahan iklim,  maka generasi muda pun harus lebih peka dan peduli  dengan masalah iklim  kita serta meningkatkan pemahamannya mengenai perubahan iklim, tidak hanya perubahan iklim terjadi akibat pemanasan global karena banyak bangunan-bangunan berkaca".

(Redaksi : HIMAGRETO)


Metday5Metday3Metday1Metday2