IPB dan NIES Jalin Kerjasama Monitoring Wilayah Rendah Karbon

ippnies2014

Institut  Pertanian Bogor (IPB) dan National Institute for Environmental Studies (NIES), Tsukuba, Jepang mengadakan  panandatanganan  Memorandum of Understanding (MoU) di Kampus IPB Darmaga (16/6). MoU ini ditandatangani oleh Rektor IPB, Prof. Dr. Ir. Herry Soehardiyanto, M.Sc bersama President of NIES, Prof. Akimasa Sumi. Kerjasama ini dijalin dalam rangka penelitian dalam penemuan model untuk monitoring wilayah rendah karbon dan membentuk eco campus dan ecosociety.

Rektor IPB menyatakan, "Kami sangat senang dapat memulai kerjasama yang sangat baik dengan NIES dalam mengembangkan dan melaksanakan kegiatan penelitian bersama di bidang perubahan iklim, dapat saling bertukar informasi secara ilmiah dan teknis, dan melaksanakan seminar bersama dan penelitian." Dalam pertemuan ini  juga  ditandatangani  Project Agreement  untuk  penelitian   bersama tentang "Development of Innovative MRV System for  Eco-Industrial Parks and Eco-Cities" oleh Prof. Dr.lr. Rizaldi Boer, MS (Kepala Pusat Pengelolaan, Peluangdan Resiko Iklim Kawasan Asia Tenggara dan Pasifik/CCROM-SEAP)dan Prof.TsuyoshiFujita (NIES).

Penelitian bersama ini bertujuan  menghasilkan sumbangan pemikiran terhadap perbaikan  lingkungan  melalui  kegiatan  kolaborasi  yang mencakup tema-tema penelitian, diantaranya penilaian yang terintegrasi dari strategi mitigasi dan model penelitian  bagi masyarakat yang rendah karbon, desain eco-city  perkotaan dan regional,  pemodelan  dan simulasi bagi masyarakat karbon rendah, serta pengawasan inovatif  dan penelitian  sistem evaluasi daerah. Rektor berharap kerjasama ini bisa berjalan sangat baik dan menghasilkan banyak ternuan yang berguna bagi kedua institusi  dan memperkuat  hubungan antara  Indonesia dan Jepang. (RF)