Satukan Aksi, Lindungi Lingkungan Dari Dampak Perubahan Iklim

atmosfair2014(5)

Bogor, 8 Juni 2014 – Himpunan Mahasiswa Meteorologi Terapan didukung oleh
Departemen Geofisika dan Meteorologi IPB mengadakan acara ATMOSFAIR dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia. Acara ini dibuka oleh Sekretaris Departemen Geofisika dan Meteorologi, Dr. Rahmat Hidayat. Beliau mengatakan, “ Apresiasi yang besar terhadap acara ini, karena acara merupakan aksi nyata dalam   menanggapi isu-isu terkait perubahan iklim dan lingkungan. Harapan ke depannya adalah tujuan dari acara ini dapat tercapai”.

Dengan mengangkat tema “Satukan aksi, Lindungi Lingkungan dari Dampak Perubahan Iklim”, acara ini dihadiri oleh siswa dan siswi SMA di sekitar Bogor, mahasiswa IPB, dan dosen. Pembicara yang kompeten di bidangnya pun ikut berpartisipasi mengisi acara ini yaitu Bapak Yon Sugiarto dari Departemen Geofisika dan Meteorologi serta Bapak Koko Wijanarko dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Meskipun pembicara membahas isu perubahan lingkungan hidup ini dari sisi yang berbeda,  tetapi  tetap  terdapat  persamaan  bahwa  perubahan  yang  terjadi  di  alam  ini sebenarnya  tidak  dapat  dicegah,  yang bisa  dilakukan  hanyalah memperlambat  terjadinya perubahan. “Masalah perubahan iklim akan terus berlangsung sampai abad-abad mendatang dan tidak bisa di-stop, ibarat bola salju yang menggelinding. Semakin lama akan semakin membesar, dan tidak dapat dihentikan jika bola tersebut sudah menggelinding. Yang bisa kita lakukan hanya memperlambat laju menggelindingnya itu”, cuplikan materi yang disampaikan Bapak Yon Sugiarto. (HIMAGRETO)