HIMAGRETO Berbagi Keceriaan

himberbagikeceriaan

Sambut hangat dari siswa-siswi yang sudah menunggu membuat kami optimis dan merasa bersemangat di pagi hari itu. Sebelumnya kami berangkat dari kampus pukul 7.30 menuju SD Negeri 5 Petir. Sesampainya disana, Acara dimulai dengan briefing panitia yang terdiri dari tim MGF BEM FMIPA, tim HIMAGRETO dan tim HIMABIO. Kami membagi kelas untuk masing-masing tim. Tim HIMAGRETO mendapat kesempatan untuk masuk ke kelas 4 dan 5 dengan peserta kurang lebih 35 siswa.

 Awal kelas dimulai, peserta masih belum kondusif dan banyak yang masih belum mau duduk manis di kursi masing-masing. Kemudian barulah acara bisa dimulai dengan berdoa dan dilanjutkan acara pertama, yaitu permainan ‘bos berkata’ yang dipandu oleh Gigih. Pada sesi ini peserta secara aktif  bergantian  menjadi  bos  yang  memberikan  komando  pada  peserta  lainnya. Peserta  yang  tidak  melakukan  perintah sesuai komando bos akan mendapatkan hukuman. Peserta diajarkan tentang kepemimpinan (bagaimana memimpin dan dipimpin). Alhasil, beberapa peserta lak i- laki yang tidak mengikuti perintah sesuai komando bos dijatuhi hukuman menyanyi bersama.

Sesi kedua adalah sesi lomba seni rupa. Peserta diajarkan untuk membuat seni rupa menggunakan bahan utama daun dan pewarna makanan. Peserta dibagi menjadi 5 kelompok yang masing-masing dipandu oleh panitia. Kelompok 1 dipandu oleh Irma dan Adit, ke-2 oleh Aviya, ke-3 oleh Mutia, ke-4 oleh Ririn dan ke-5 oleh Sekar.  Tiap kelompok dibagikan alat berupa dua lembar kertas, satu sikat gigi, satu sisir, satu gelas air dan satu botol pewarna makanan. Pada sesi lomba ini, peserta diajarkan untuk teliti dan bersabar. Peserta juga diasah kreativitasnya untuk menciptakan karya seni rupa lukis daun. Sebelum sesi seni rupa dimulai, ketua dan pemandu  dari  tiap-tiap  kelompok  mencari  daun  yang  akan  digunakan  untuk menjiplak pola. Kemudian pemandu mengajarkan caranya pada kelompok masing- masing dan diikuti oleh peserta tiap kelompoknya. Pada  sesi  terakhir peserta diajarkan bagaimana tanggung jawab atas hasil pekerjaannya dan juga diajarkan untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Sesi tersebut menjadi sesi terakhir yang mengakhiri perjumpaan tim HIMAGRETO dan peserta MGF kelas 4 dan 5 SD Negeri 5 Petir pada hari Minggu, 14 September 2014 lalu. Setelah peserta pulang, seluruh panitia kembali berkumpul untuk menyampaikan pengalaman, kritik dan saran untuk kegiatan Mipa Go Field. Sangat diharapkan kegiatan yang akan datang dapat memberi ilmu dan pengalaman yang lebih bermanfaat bagi peserta maupun panitia. Sekian (HIM)