“Yuk Kenal Iklim!” Kampanye Memperingati Hari Meteorologi Dunia 2018

MeteorologiDay2018(1)(12/03/2018)Dalam rangka memperingati Hari Meteorologi Dunia 2018, Himpunan Mahasiswa Agrometeorologi (Himagreto) bersama komunitas Generasi Cerdas Iklim (GCI) mengadakan kegiatan “Yuk Kenal Iklim” berupa kampanye di Taman Ekspresi, Lapangan Sempur, Bogor. Kegiatan kampanye ini merupakan kegiatan pertama dari rangkaian acara Meteorological Day 2018 yang diadakan mulai tanggal 11 – 25 Maret 2018. “Yuk Kenal Iklim” ini akan dilaksanakan sebanyak dua kali, yaitu pada hari ini tanggal 11, dan selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2018. Kampanye yang pertama ini dilakukan untuk mengenalkan rangkaian kegiatan Meteorological Day 2018 secara interaktif, yaitu berupa aksi sapa masyarakat mengenai isu-isu terkini tentang perubahan iklim, permainan interaktif, dan photo challenge yang diawali dengan longmarch mengelilingi lapangan Sempur sebanyak dua putaran. Pada kesempatan ini, kami juga menawarkan tiket nonton film An Inconvenient Truth yang akan ditayangkan pada hari Minggu, tanggal 18 Maret 2018 di XXI Bogor Trade Mall (BTM) pukul 14.40 WIB kepada masyarakat umum sebagai bentuk kerja sama dengan Kantor Utusan Khusus Presiden bidang Perubahan Iklim.

Isu-isu terkait perubahan iklim yang semakin nyata terjadi di dunia ini menjadi materi utama dalam aksi sapa masyarakat. Beberapa permainan interaktif seperti Kartu GCI dan Ular Tangga Jumbo dari komunitas Generasi Cerdas Iklim (GCI) serta ecological footprint yang diajarkan oleh kakak-kakak mahasiswa Geofisika dan Meteorologi IPB sangat diminati oleh kalangan anak-anak hingga remaja. Photo challenge merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan official account instagram @metday2018 sekaligus untuk menumbuhkan rasa ingin tau peserta mengenai perubahan iklim yang dituangkan dalam caption kreatif mereka. Lima peserta yang beruntung akan mendapatkan tiket nonton film An Inconvenient Truth secara gratis.

Kegiatan “Yuk Kenal Iklim” ini diikuti oleh berbagai pihak, antara lain 40 mahasiswa Geofisika dan Meteorologi IPB, 4 orang dari komunitas Generasi Cerdas Iklim (GCI), dan seorang perwakilan dosen Departemen Geofisika dan Meteorologi IPB yang turut mendukung kegiatan ini. “Yuk Kenal Iklim” yang pertama ini sudah cukup berhasil, beberapa tiket nonton film An Inconvenient Truth telah terjual dan anstusiasme masyarakat terhadap isu perubahan iklim sangat tinggi. Kami harap pada kegiatan “Yuk Kenal Iklim” kedua nanti pada tanggal 18 Maret 2018 bisa lebih banyak bekerja sama dengan beberapa komunitas yang fokus terhadap perubahan iklim dan lembaga daerah seperti Bappeda Litbang Kabupaten Bogor.” ujar Adnan Ramadhitya sebagai ketua pelaksana Meteorological Day 2018. (sumber himagreto)

Dokumentasi :

MeteorologiDay2018(4)MeteorologiDay2018(1)MeteorologiDay2018(2)MeteorologiDay2018(3)