Mahasiswa GFM goes to KKNT 2018

20052018gfmgoestokknt2(21/05/2018)Departemen Geomet kembali berpartisipasi dalam KKNT-IPB. Tahun ini sebanyak 12 Kabupaten/Kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah, dan 6 kabupaten di luar Jawa akan menjadi host bagi mahasiswa IPB.  Mahasiswa yang mengikuti KKNT merupakan mahasiswa yang sudah menyelesaikan perkuliahan 105 SKS. Kali ini, KKNT mahasiswa Geomet (sejumlah 65 orang, total 83% dari mahasiswa KKNT-FMIPA) difokuskan di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Bekerjasama dengan tim KKNT-FAPERTA, tema KKNT yang diangkat yaitu “Peningkatan potensi agrosistem melalui aplikasi teknologi berbasis sumberdaya, potensi iklim, dan kearifan lokal”.

Melalui kegiatan KKNT, mahasiswa diharapkan dapat belajar mengidentifikasi, merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program pemberdayaan masyarakat dalam bidang pertanian dan lingkungan secara integral. Tema umum KKNT IPB yaitu “Pengintegrasian Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat dalam Pengarusutamaan Pertanian” dengan Sub Tema tahun 2018 “Pengembangan Pertanian Terpadu berbasis Sumberdaya Wilayah dalam Meningkatkan kemandirian Pangan, Ekonomi Wilayah, dan Kelestarian Lingkungan”

Sebagai persiapan KKNT, mahasiswa telah diberi pembekalan dalam beberapa kali pertemuan. Pembekalan meliputi pertemuan di kelas dan kegiatan di lapangan.  Kegiatan di kelas meliputi pembekalan mengenai teknik pendekatan awal dan sosial dalam kegiatan kemasyarakatan, pembelajaran dari kegiatan SUIJI dan KKNT tahun lalu, pemetaan peluang dan permasalahan di desa, dan saung iklim.   Di Kelurahan Bubulak, mahasiswa belajar mengenai pembuatan pupuk organik dan bank sampah bersama Pak Acang dan masyarakat sekitarnya.  Pembekalan terakhir dilakukan bersama antara dosen dan dosen pembimbing lapang (DPL), dengan acara pemaparan contoh-contoh program oleh mahasiswa yang akan diberi masukan oleh para DPL.

Semoga KKN berjalan lancar, bermanfaat dan dapat dinikmati oleh untuk mahasiswa dan masyarakat (Kontributor: Dr. Rini Hidayati)

20052018gfmgoestokknt220052018gfmgoestokknt520052018gfmgoestokknt420052018gfmgoestokknt320052018gfmgoestokknt1