Indonesian Climate Student Forum 2020

WhatsApp Image 2020-02-02 at 08.07.38Himpunan Mahasiswa Agrometeorologi (Himagreto) menyelenggarakan kegiatan Indonesian Climate Student Forum (ICSF) pada Sabtu (1/2) pagi di SDN Cihideung Udik 01 dan SDN Cihideung Udik 02, Ciampea, Bogor. Kegiatan ini menjadi salah satu cara Himagreto dalam mengurangi dampak perubahan iklim dan mengantisipasi terjadinya bencana metoreologi, terkhususnya bagi siswa-siswi sekolah dasar. Mengingat pentingnya pendidikan tanggap bencana kepada anak-anak sedini mungkin.

Secara rutin, ICSF menjadi program kerja tahunan Himagreto di bawah Divisi Sosial dan Lingkungan. Tahun ini, kegiatan ICSF diselenggarakan di dua sekolah dasar, yaitu di SDN Cihideung Udik 01 dan SDN Cihideung Udik 02.

“ICSF atau Indonesian Climate Student Forum merupakan suatu bentuk kegiatan proses belajar mengajar kepada siswa-siswi sekolah dasar mengenai ilmu meteorologi. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Divisi Sosial dan Lingkungan, Himagreto IPB. Untuk kegiatan tahun ini, kami mengadakan di dua sekolah dasar, yaitu SDN 01 dan 02 Cihideung Udik yang dimulai tanggal 1 Februari 2020 tiap 2 minggu sekali kedepannya”, Jelas Rahmad Auliya Tri Putra.

Sebagai Kepala Sekolah di kegiatan ICSF, Rahmad Auliya Tri Putra juga menegaskan bahwa sasaran kegiatan ini adalah agar siswa-siswi mengetahui kejadian-kejadian fenomena cuaca dan iklim di bumi serta bagaimana cara menghadapi bencana meteorologi.

Guna menyukseskan kegiatan ICSF ini, Himagreto membentuk 18 pengajar yang akan ditempatkan di dua sekolah dasar. Pengajar ICSF ini merupakan mahasiswa-mahasiswi dari Departemen Geofisikan dan Meteorolofi (GFM), Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Institut Pertanian Bogor (IPB). Sehingga, materi yang berhubungan dengan cuata dan iklim sudah dipahamai dengan baik oleh para pengajar.

Adapun untuk memperkaya materi dan kempampuan mengajar di kelas, Himagreto bekerja sama dengan Generasi Cerdas Iklim (GCI) khususnya dalam pembekalan pengajar dalam menyampaiakn materi kepada siswa-siswi sekolah dasar. Menanggapi hal ini, Siti Handaroh selaku Kepala Sekola SDN Cihideung Udik 02 menyambut hangat kegiatan ICSF ini, serta menilai bahwa ISCF merupakan kegiatan yang positif. Ia juga menambahkan bahwa pihaknya sudah tidak asing lagi dengan IPB karena sudah biasa menjalin kerja sama sebelumnya. Berlebih lagi kegiatan yang memuat edukasi seperti ini rasanya sangat diperlukan oleh siswa-siswi sekolah dasar. (HIMAGRETO)