Dukung Green Campus, Himagreto IPB University Mengadakan Gerakan Cinta Lingkungan

WhatsApp Image 2020-02-28 at 11.33.29Dalam rangka mensukseskan program “IPB Menuju Green Campus 2020” dan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Himpunan Mahasiswa Agrometeorologi (Himagreto) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan kegiatan Gerakan Cinta Lingkungan di sekitar kampus IPB Dramaga, Bogor (27/02/2020). Gerakan Cinta Lingkungan atau Gertakan merupakan salah satu program kerja Divisi Sosial dan Lingkungan Himagreto yang berfokus pada kelestarian dan kebersihan lingkungan Kampus IPB. Adapun di kegiatan Gertakan tersebut, Himagreto mengajak mahasiswa IPB untuk menukarkan sampah botol plastik dengan barang yang lebih bermanfaat dan dapat dipakai berulang kali. Barang yang dapat ditukarkan yaitu berupa totebag, tumbler, stainless straw, sapu tangan, dan OVO. Barang tersebut bisa didapatkan sesuai banyaknya botol plastik yang berhasil ditukarkan dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara.

“Kegiatan ini mempunyai sasaran menyadarkan mahasiswa akan pentingnya mengurangi penggunaan plastik, serta mengajak mahasiswa untuk membuang sampah dengan memperhatikan jenis sampah dan tempat sampahnya, supaya sampah yang terkumpul nantinya bisa diolah kembali dan dimanfaatkan dengan baik”, Jelas Annida Fauziyyatul Afifi selaku penanggung jawab kegiatan.

 “Kegiatan Gertakan ini diikuti oleh 30 mahasiswa IPB dengan antusias dan respon yang sangat baik. Hal ini terbukti dengan hadirnya mahasiswa yang membawa sampah botol pastik sebanyak 2 karung trash bag, serta rela menunggu dan mengantri kegiatan tersebut sebelum dimulainya operasi penukaran sampah”, imbuh Annida.

Sampah botol plastik yang dikumpulkan terdiri dari botol plastik ukuran 600ml dan 1500ml. Jumlah sampah botol plastik yang berhasil dikumpulkan yaitu lebih dari 5 karung trash bag. Selanjtnya, sampah botol plastik ini akan diolah kembali dan dimanfaatkan menjadi barang yang memiliki nilai artistik dan ekonomi.

“Kegiatannya seru banget, selain kita mendapatkan reward, secara tidak langsung juga menyadarkan kita akan pentingnya mengurangi sampah plastik dan memotivasi kita untuk berperan aktif peduli pada lingkungan sekitar”, tutur Arsy Atika salah satu partisipan. (himagreto)