Asesor LAMSAMA Asesmen Lapang Program Studi S2 Klimatologi Terapan , Fakulta MIPA IPB University

visitlamsama2023

(07/09/2023) Program Studi Magister Klimatologi Terapan , Departemen Geofisika dan Meteorologi, FMIPA IPB University dikunjungi oleh Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA) dalam rangka asesmen lapang / visitasi pada tanggal 4-5 September 2023. Pembukaan Asesmen dibuka oleh Rektor IPB University Prof. Dr. Arif Satria, S.P, M.Si yang bertempat di Ruang Sidang Rektor. Hadir dalam acara pembukaan ini Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan,  Kepala Kantor Manajemen Mutu (KMM),  Dekan Fakultas MIPA beserta Ketua Departemen dan Ketua Program Studi Magister Klimatologi Terapan. Adapun Asesor yang hadir yaitu Prof. Dr. Mitrayana, S.Si, M.Si  (UGM) dan Dr. Dewi Susiloningtyas,S.Si , M.Si. (UI).

Setelah acara pembukaan diruang sidang rektor, Asesor beserta Dekan, KMM dan ketua Program Studi melanjutkan kunjungan ke Ruang Sidang Departemen Geofisika dan Meteorologi yang terletak di Gedung FMIPA Wing 19 Level 4. Dekan Fakultas Matematika dan IPA dalam sambutan di ruang sidang menyampaikan pelaksanaan akreditasi oleh asesor LAMSAMA menjadi tolak ukur kemajuan dari program studi yang dikelola oleh Unit Pengelola Program Studi (UPPS). Dekan dan Ketua Departemen dalam kesempatan ini memaparkan sekilas mengenai RENSTRA IPB, FMIPA dan UPPS jangka pendek dan jangka Panjang. Dekan dan Ketua Departemen berharap melalui paparan yang disampaikan dapat memberikan informasi kepada Asesor , sehingga mendapat gambaran yang lebih baik.

Di hari kedua Asesor LAMSAMA berkunjung ke fasilitas sarana dan prasarana yang ada di kampus IPB University seperti Museum IPB, Perpustakaan IPB, Stasiun Meteorologi Pendidikan dan Riset, Laboratorium Terpadu yang dikelola oleh Departemen Geofisika dan Meteorologi. Setelah berkunjung dan diskusi dengan UPPS harapannya Program Studi Magister Klimatologi Terapan mampu memperoleh akreditasi unggul, dimana komitmen Rektor IPB bagi Program Studi yang terakreditasi Unggul akan didorong menuju akreditasi internasional.